Apa Perbedaan Samsung SEIN dan Global / International?

Perbedaan Samsung SEIN dan Global

AndroidGaul.id – Samsung merupakan salah satu smartphone yang paling banyak digunakan oleh pengguna diseluruh dunia pada beberapa waktu lalu.

Dan terbukti bahwa brand ponsel asal korea selatan tersebut berhasil menjadi top #1 smartphone paling laris pada beberapa tahun terakhir.

Sampai saat ini mungkin sudah tidak terhitung berapa unit ponsel Samsung yang ada di Indonesia, baik yang bergaransi resmi sein ataupun yang bergaransi global.

Ngomongin soal garansi memang samsung juga memiliki dua opsi, yaitu garansi sein dan global atau international. Tentu saja dari kedua tipe garansi tersebut juga ada perbedaan.

Maka dari itu disini AndroidGaul akan memberikan penjelasan kepada kamu apa itu garansi sein dan global, serta perbedaan diantaranya. Namun sebelum itu kalian harus paham dulu apa itu garansi sein dan global.

Samsung Garansi SEIN: Produk yang di rakit di Indonesia, otomatis kalau kalian mau klaim garansi juga harus di indonesia atau dalam negeri.

Samsung Garansi Global: Produk yang dirakit diluar negeri (international), untuk urusan klaim garansi ini biasanya akan susah dilakukan, mengingat kita harus mengirim barangnya terlebih dahulu kesana dan itu butuh waktu yang cukup lama.

Perbedaan Samsung Sein dan Global

Berikut ini perbedaan samsung sein dan global:

  • Penangkap Signal
  • ROM yang digunakan
  • Jadwal Update Software

Penangkap signal yang dibuat oleh Samsung sein dan global memang berbeda, sebab mereka akan menyesuaikan dengan frekuensi masing-masing negara dimana mereka akan mendistibusikan ponselnya.

Rom yang digunakan juga akan sedikit berbeda, misalnya beberapa fitur yang ada di hp global, namun belum tentu ada di hp garansi lokal dan juga sebaliknya.

Begitupun dengan jadwal update software, biasanya akan lebih cepat untuk yang versi global. Namun terkadang juga lebih cepat yang sein. Hanya pihak developer saja yang tau akan hal tersebut.

Cara Cek Ponsel Samsung Sein dan Global

Cara cek samsung sein apa bukan bisa digunakan dengan 3 metode, yaitu melalui box penjualan, serial number atau SN dan yang terakhir dengan kode IMEI.

Cek Box Penjualan

Pada saat pertama membeli ponsel baru pastinya kita akan mendapatkan bersama dengan box penjualan, nah silakan kalian cek disitu terdapat serial number serta di produksi di negara mana?

Jika di produksi di negara Indonesia, berarti samsung kamu bergaransi SEIN resmi.

Cek Serial Number Samsung

Serial number ini dapat kamu cek dengan kode *#06# dan akan keluar serial number atau imei dari ponsel. Kalau dual sim, maka kode yang tampil juga akan ada dua.

Cek Serial Number Samsung

Apabila pada dua digit pertama terdapat huruf RR, maka ponsel anda berarti bergaransi resmi SEIN. Dan jika tidak, berarti bergaransi global.

Cek Kode IMEI

Kode IMEI (International Mobile Equipment Identity) merupakan sebuah kode yang ada pada setiap ponsel diseluruh dunia. Uniknya kode ini tidak mungkin sama antara ponsel satu dengan yang lainnya.

Cek Kode IMEI

Kode imei biasanya tercantum dibagian box penjualan, namun jika box anda sudah hilang, maka anda tetap bisa mengeceknya dengan menekan kode *#06#.

Jika sudah muncul, untuk mengecek apakah ponsel anda merupakan samsung bergaransi resmi sein atau global bisa dengan cara mengunjungi situs www.samsungwarrantycheck.com atau www.imei.info.

NB : Perlu kalian ketahui bahwa serial number (SN) dan IMEI itu berbeda ya, jadi jangan sampai salah memasukkan saat kalian melakukan pengecekan.

Tips untuk yang ingin membeli ponsel Samsung baru, sebaiknya pilih yang bergaransi resmi SEIN agar jika ingin melakukan klaim garansi prosesnya lebih cepat dan mudah.

Baca juga : Cek Garansi Samsung

Produk ini dapat ditemukan di situs official Samsung atau kalian juga bisa mengecek di marketplace atau toko online untuk informasi harga terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *