7 Ciri-Ciri Power Bank Rusak yang Bahaya Jika Tetap Digunakan

Power bank merupakan perangkat yang dibutuhkan pengguna android. Karena ketika bepergian, dengan adanya sarana ini pengguna tidak harus kebingungan saat kehabisan daya baterai.

Apalagi ketika kondisi sedang di perjalanan maupun di tempat yang akses colokan listrik cukup jauh. Tentunya akan sangat repot jika kita tidak membawa benda tersebut saat kehabisan baterai.

Meskipun rata-rata ponsel saat ini sudah menggunakan baterai lipo yang disinyalir lebih tahan lama, namun tidak menutup kemungkinan pada akhirnya akan habis juga.

Namun sebelum anda menggunakan power bank, harus tau apakah keadaan alat tersebut masih bagus atau tidak. Maka dari itu, mengetahui ciri-ciri power bank rusak merupakan hal yang penting.

Walaupun begitu, ketersediaan power bank tidak lantas menyelesaikan masalah. Justru problematika bakal muncul jika perangkat tidak bekerja dengan baik.

Apalagi ketika akan menggunakan power bank, justru muncul notifikasi alat sudah rusak. Tentu pengguna akan kebingungan. Lebih parah kalau kondisi terjadi saat tidak ada toko maupun gerai ponsel yang buka.

Ciri-Ciri Power Bank Rusak yang Harus Diketahui

Nah, pada artikel berikut ini, narasinya terkhususkan untuk pengguna power bank yang ingin mengetahui apakah perangkat masih bisa dipakai atau sudah rusak.

Dengan penjelasan seputar ciri-ciri power bank rusak ini, diharapkan pengguna bisa mengganti perangkat sebelum bepergian.

1. Tidak Bisa Mengisi Daya

Ciri-ciri power bank rusak yang pertama adalah alat tidak bisa digunakan untuk mengisi daya. Tentu, tidak ada hal yang menjengkelkan yang berhubungan dengan smartphone kecuali problematika diatas.

Akan tetapi sebelum membuang perangkat, alangkah baiknya power bank dicek terlebih dahulu untuk menentukan jenis kerusakannya.

Caranya adalah mengganti kabel power dengan kabel berbeda. Jika masih tidak berpengaruh, membeli alat baru merupakan opsi selanjutnya.

2. Baterai Power Bank Overheat (Panas)

Untuk mendeteksi kerusakan power bank selanjutnya adalah lihat suhu baterai dalam perangkat. Jika panasnya terlalu atau overheat berarti perangkat mulai lemah dan akan segera rusak.

Kalau mendapatkan masalah ini, segera hentikan proses charger. Karena di beberapa kasus, ternyata perangkat bisa meledak yang bisa membahayakan dan membuat cedera.

Langkah selanjutnya adalah bawa perangkat ke service atau membeli power bank yang baru. Jangan sepelekan masalah power bank yang terlalu panas, sebaiknya anda hentikan proses charger saat hal tersebut terjadi.

3. Lampu Indikator Power Bank Mati

Ciri-ciri power bank rusak ketiga adalah lampu indikator mati atau kadang lampur powerbank berkedip.

Lampu indikator berperan penting bagi power bank. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengetahui isi daya baru dan sisa yang lama.

Namun, jika layanan off lamp, bisa dipastikan perangkat sudah rusak. Solusinya adalah perbaiki komponen lampu, atau ganti perangkat baru jika masalah disebabkan oleh kerusakan mesin.

4. Power Bank Berbau Gosong

Jika power bank tidak berfungsi maksimal, dan dari perangkat tercium aroma hangus (gosong), itu merupakan tanda-tanda alat sudah rusak.

Penyebabnya ialah terjadi korsleting listrik ringan pada mesin yang dibiarkan dalam waktu lama.

Akibatnya, kabel tidak bisa lagi menahan panas yang akhirnya mengalami overheat parah dan menyebabkan hangus.

Jika hal ini terjadi, lebih baik beli power bank yang baru. Karena kalau di-service biaya pasti mahal. Sebab, mesin akan diganti dengan yang baru. Apa lagi masih ada komponen lain yang pasti terimbas kerusakannya.

5. Baterai Ngedrop

Ciri-ciri power bank rusak yang selanjutnya adalah baterai drop. Gejala yang bisa ditangkap dari kasus ini adalah pengisian sangat cepat. Bahkan beberapa menit chas, lampu indikator sudah menyala menandakan perangkat terisi full.

Akan tetapi ketika power bank digunakan justru tidak bisa. Bahkan, beberapa menit dipasangkan baterai, perangkat malah mati total.

Kami sarankan gunakanlah charger yang memiliki arus kecil misalnya 1 sampai 2 ampere saja, karena jika terlalu cepat juga tidak akan baik pada kesehatan baterai Power Bank.

6. Power Bank Menyedot Baterai

Power bank seharusnya bisa mengisi baterai ponsel hingga penuh, namun malah menyedot isi baterai. Nah, ini berarti ada yang tidak beres dengan power bank anda.

Bisa saja baterai didalamnya sudah drop parah sehingga bukannya malah mengisi namun menyedot. Hal ini biasanya karena umur power bank yang sudah lama digunakan sehingga baterai didalamnya menjadi aus.

7. Power Bank Kembung

Saat power bank kembung sebaiknya anda tidak menggunakannya lagi untuk mengisi ulang daya pada smartphone yang digunakan.

Penyebab kembung disini diakibatkan oleh baterai yang sudah “akan rusak”. Baterai yang kembung tersebut disebabkan karena mengisi daya yang salah.

Misalnya dalam keadaan panas andapun mengecas power bank, dan belum sampai penuh lalu anda mencabutnya. Tindakan yang dilakukan secara terus menerus ini dapat menyebabkan baterai dalam power bank jadi kembung.

Itulah beberapa ciri-ciri power bank rusak yang perlu diketahui oleh seluruh pengguna smartphone, sehingga para ponseller bisa mempersiapkan gantinya di awal waktu. Dengan begitu tetap bisa menggunakan power bank saat diperlukan.

Tinggalkan komentar