[Download Resetter Canon iP2770 / iP2700] + Cara Resetnya

Canon iP2770 / iP2700 merupakan salah satu seri printer yang cukup populer. Selain karena harganya yang cukup terjangkau yakni sektiar 700 ribuan, kualitas yang ditawarkan juga terbilang bagus.

Sangat cocok untuk masyarakat kelas menengah kebawah apalagi untuk pengguna pribadi dirumah dan di kantor juga sangat rekomended sekali.

Printer canon ini memiliki kemampuan cetak foto yang cukup cepat, dimana pihak pabrik sudah merancang sebaik mungkin untuk penggunaan dirumah.

Dalam penggunaannya biasanya Canon iP2770 / iP2700 di modif dengan menambahkan tabung tinta agar dalam penggunaannya pengguna tidak perlu repot untuk sering membongkar pasang cartridge untuk sekedar mengganti isi tinta.

Namun resiko dari melakukan modifikasi printer biasanya akan menimbulkan masalah baru seperti blinking yang biasanya disebabkan karena pemakaian yang melebihi batas.

Pastinya diantara anda mulai bertanya mengapa pada printer canon sering terjadi blinking saat digunakan atau saat pemakaian?

Hal ini sudah biasa terjadi, dan bahkan untuk produk yang sudah lama dibeli hal ini biasanya akan sering terjadi mengingat komponen didalamnya mulai lemah.

Bahkan pada beberapa kasus sering sekali terjadi error pada priter seperti muncul pesan Error 5200 Waste ink Tank Absorber Full atau Error 5200 pada layar komputer.

Namun tenang saja, karena kita bisa mengatasinya dengan cara reset printer Canon iP2770 / iP2700 menggunakan aplikasi yang bernama Resetter Canon iP2770 / iP2700.

Download Resetter Canon iP2770 / iP2700 dan Cara Meresetnya

Namun sebelum masuk ke tahap resetnya, anda perlu melakukan beberapa langkah awal sebelum melakukan reset printer. Untuk lebih jelasnya silakan simak dibawah ini.

Tahap Awal Sebelum Melakukan Reset

Catatan : Langkah ini dilakukan pada printer canon untuk masuk ke SERVICE MODE.

  1. Pertama pastikan posisi Printer anda dalam keadaan mati (OFF) namun colokan listrik atau power masih terpasang dengan baik (tidak perlu dibuka).
  2. Kemudian tekan tombol RESUME kira-kira selamat 2 detik dilanjutkan dengan menekan tombol POWER sampai lampu hijau menyala.
  3. Lalu lepas tombol RESUME namun tombol POWER masih tetap ditekan.
  4. Selanjutnya tekan tombol RESUME sebanyak 5 kali, maka lampu LED akan menyala bergantian yakni orange, hijau, berakhir dengan warna orange.
  5. Sekarang anda bisa lepas semua tombol.
  6. Setelah itu lampu led akan blink sebentar, namun jangan kaget karena dia akan menyala dengan lampu HIJAU.
  7. Jika anda lakukan langkah-langkah diatas secara berurutan dan benar, maka komputer anda akan mendeteksi perangkat baru, disini anda bisa mengabaikannya, dan tidak usah menginstal driver lagi. Keadaan tersebut menunjukkan bahwa printer anda sudah berhasil masuk dalam SERVICE MODE.

Cara Reset Printer Canon iP2770 / iP2700

Pertama Download file Resetter Canon iP2770 / iP2700 DISINI (Link Google Drive).

Setelah berhasil di download, silakan instal dan jalankan aplikasi resetter tersebut.

Sebelumnya silakan anda siapkan 2 lembar kertas yang sudah terpasang ke printer, hal ini akan digunakan saat proses reset printer anda.

Jalankan aplikasi resetter

Setelah itu klik tombol MAIN, maka printer akan mulai mencetak kertas dengan tulisan D=000.0.

Selanjutnya silakan anda klik tombol EEPROM Clear.

Cara Reset Printer Canon iP2770 / iP2700
Sumber: ralabuma.com

Setelah itu anda tekan tombol EEPROM dan pada proses ini printer akan mencetak hasil dari resetnya, dan pada salah satu baris dari hasil cetakan tersebut akan terdapat tuisan TPAGE(TTL=00000) yang menandakan printer Canon iP2770 / iP2700 berhasil di reset.

Cara Reset Printer Canon iP2770 / iP2700
Sumber: ralabuma.com

Jika sudah selesai, silakan anda matikan printer dan hidupkan kembali. Dengan ini proses reset printer telah berhasil.

Tips : Untuk lebih memahami tutorial diatas, anda bisa melihat langkah-langkah pada gambar agar tidak bingung.

Yang perlu diperhatikan dalam langkah mereset printer Canon iP2770 / iP2700 adalah pastikan anda tidak melakukan kesalahan pada saat ingin masuk ke mode service di tahap awal.

Karena jika salah dalam menekan kombinasi tombol dan urutan yang tidak benar dapat menyebabkan printer mati, meskipun itu hanya sebentar dan bisa hidup lagi.

Jika anda kurang yakin dengan pengetahuan yang anda miliki, sebaiknya serahkan saja cara reset ini ke orang yang memang sudah paham tentang komputer dan printer.

Dan tips terakhir dari saya agar printer canon anda hemat tintan dan awet digunakan bertahun-tahun, pastikan anda menggunakannya saat diperlukan saja.

Misalnya saat ingin ngeprint, silakan nyalakan dan saat tidak digunakan silakan anda matikan saja.

Dan jangan lupa untuk selalu menjaga komponen-komponennya agar tetap awet seperti sering mengecek tinta, membersihkan printer dan lain-lain.

Tinggalkan komentar