Review SSD V-Gen: Apakah Layak untuk Dibeli?

Beberapa bulan yang lalu saya memutuskan untuk merakit pc gaming untuk kebutuhan ngeblog dan juga main game ringan.

Setelah browsing sana sini dan melihat beberap video di Youtube, Akhirnya nemu racikan yang pas dengan spesifikasi yang bisa dibilang menengah.

Saya putuskan untuk menggunakan kubu merah yaitu AMD Ryzen, yang mana itu merupakan rekomendasi dari anggota grup PC Builders Indonesia.

Terlepas dari komponen PC yang lain, ada satu komponen yang paling penting untuk kita gunakan di tahun 2019 ini.

Mengingat kecepatan proses data menjadi faktor yang cukup penting, maka penggunaan SSD sudah menjadi hal yang wajib.

Review SSD V-Gen, Performa Mantap dan Murah

Banyak sekali produk SSD yang beredar di pasaran perangkat komputer saat ini. Mulai dari Samsung, WD, Adata, Sandisk, V-Gen dan masih banyak lagi.

Tentu saat memilih SSD yang jadi pertimbangan adalah performa dan juga harganya.

Kebetulan saat itu saya membutuhkan SSD tiga buah dengan kapasitas 120 GB dimana akan saya pasang pada Laptop dua buah (masing-masing satu) dan satu lagi dipasang untuk PC.

Dan karena memiliki budget yang terbatas saat itu yakni 1 jutaan, maka pilihan saya jatuh pada V-Gen dengan kapasitas 120 GB yang saat itu harganya 300 ribuan.

Sudah berjalan sekitar 7 bulan lebih dan performa masih kencang, sampai saat artikel ini ditulis saya masih menggunakannya.

Mengapa Memilih SSD V-Gen?

Tentu saat membeli SSD V-Gen ini bukan tanpa perhitungan. Selain harganya yang murah, dia juga memiliki performa yang bagus dan tidak kalah dengan SSD merk lainnya.

Bahkan yang membuat saya lebih yakin adalah SSD tersebut sudah menggunakan chipset Samsung. Ya walaupun hanya chipset Samsung yang digunakan, namun hal tersebut juga bisa berpengaruh pada kualitas dan performa serta keawetannya.

SSD V-Gen, Solusi Tepat untuk Laptop Lemot

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas bahwa ditahun 2019 ini adalah hal yang WAJIB sekali untuk menggunakan SSD.

Apalagi laptop keluaran terbaru rata-rata sudah menggunakan Windows 10. OS Tersebut memang sedang dikembangkan oleh pihak Windows, dan untuk versi Windows 7 kebawah sudah tidak akan mendapatkan update lagi.

Banyak orang menggunakan SSD adalah untuk mempercepat kinerja Laptop yang digunakan saat bekerja. Entah itu untuk edit video, rendering, gaming ataupun untuk kebutuhan programing.

Sedikit cerita, disini saya memiliki Laptop jadul Asus X200CA dimana dia memiliki RAM 2 GB. Dengan Windows 8 yang dibawanya, kinerjanya sudah semakin menurun lantaran masih menggunakan HDD.

Sebagian orang mungkin akan berpikir mengapa tidak menambah RAM saja?

Ternyata tidak terdapat slot untuk melakukan upgrade RAM pada laptop tersebut. Maka dari itu, saya belikan saja langsung SSD V-Gen 120 GB. Dan hasilnya, performa laptop kembali lancar.

Kesimpulan

Bagi kamu yang memiliki laptop jadul yang lemot dan memiliki budget terbatas, kamu bisa menggunakan SSD V-Gen yang murah meriah ini. Bahkan saat artikel ini diterbitkan, harganya sudah turun lagi menjadi 200 ribuan saja.

Saat ingin membeli pastikan sesuaikan dengan kebutuhan, misalnya untuk menginstal banyak program dalam disk (C). Sebaiknya kalian membeli yang memiliki kapasitas 240 GB agar lebih leluasa memasang banyak aplikasi.

SSD V-Gen ini merupakan pilihan yang tepat bagi pengguna yang memiliki budget minim. Namun jika memiliki budget lebih, kalian bisa membeli SSD Samsung yang kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Jadi jika ada yang bertanya Apakah SSD V-Gen Layak Dibeli atau Tidak, maka jawabannya adalah LAYAK dan perlu dicoba.

Tinggalkan komentar