Vivo S1 Prime vs Vivo S1 Pro

AndroidGaul.id – Di awal bulan Agustus 2020, Vivo merilis sebuah smartphone yang masuk kategori mid-range yang dinamakan Vivo S1 Prime. Yang menjadi unik adalah pada bulan November 2019, Vivo sudah meluncurkan produk dengan desain dan spesifikasi yang 90 persen sama, yaitu Vivo S1 Pro.

Dengan hadirnya Vivo S1 Prime yang mana memiliki kemiripan, maka memunculkan pertanyaan apa perbedaan antara kedua perangkat mobile tersebut dan kenapa Vivo merilis 2 produk yang hampir sama itu. Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, berikut ini penjelasan singkatnya.

Perbedaan dan Kesamaan Vivo S1 Prime dan Vivo S1 Pro

Body

Body

Ukuran S1 Prime dan S1 Pro tidak memiliki perbedaan alias sama persis. Dimensi total dari dari kedua perangkat adalah 159,3 x 75,2 x 8,7 mm.

Hanya saja, S1 Prime memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan S1 Pro. S1 Prime memiliki bobot seberat 190,2 gram, sedangkan S1 Pro hanya 186,7 gram.

Selain itu, perbedaan lainnya adalah terletak pada casingnya. Bagian depan dari S1 Prime dan S1 Pro terbuat dari kaca yang sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3.

Sedangkan untuk bagian belakangnya, S1 Prime terbuat dari plastik dan S1 Pro menggunakan material kaca.

Frame dari keduanya juga berbeda. S1 Pro menggunakan aluminium, sedangkan S1 Prime terbuat dari plastik.

Warna casing keduanya pun berbeda, apabila S1 Pro terdapat 3 varian, antara lain Fancy Sky, Knight Black dan Nebula Blue, sedangkan S1 Prime adalah Jade Black dan Nebula Blue.

Warna casing keduanya dibuat mengkilap dengan bagian samping sedikit berpendar.

Layar

Layar

Kedua perangkat mobile tersebut memiliki layar yang berukuran 6,38 inci dengan model bezel-less dan rasio screen-to-body nya mencapai 90 persen.

Resolusi layarnya adalah 1080 x 2340 pixels dengan tingkat density sebesar 404 ppi. Selain itu, layar dari keduanya juga anti-gores karena telah terlindungi oleh Corning Gorilla Glass 3 dan multitouch.

Hanya saja, perbedaan dari layar S1 Pro dan S1 Prime ini terletak pada jenis layar yang digunakan.

Vivo S1 Prime menggunakan layar berjenis AMOLED, sedangkan Vivo S1 Pro memakai layar berjenis Super AMOLED.

Memang layar keduanya memiliki kualitas yang sangat bagus dan mampu menampilkan sampai 16 juta warna. Hanya saja, Super AMOLED berada di tingkat yang lebih tinggi dibandingkan AMOLED.

Internal

Internal

Untuk bagian internal dari Vivo S1 Prime dan Vivo S1 Pro tidak ada perbedaan sama sekali. Operating system yang digunakan adalah Android 9 Pie yang mana dapat diupgrade ke Android 10 dan user interfacenya adalah Funtouch 9.2.

Penggunaan user interface ini maka tampilannya dapat dikatakan merupakan gabungan antara Android dan iOS.

Ditambah lagi, mode-mode, widget sampai dengan fitur-fitur lain yang berhubungan dengan sistem sangat bagus.

Sedangkan untuk chipset yang digunakan pada kedua perangkat adalah Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm) dengan prosesor Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver) dan GPU Adreno 610.

Baca juga:

RAM-nya sendiri berkapasitas 8GB dengan ROM sebesar 128GB. Dengan mesin di dalamnya tersebut ditambah dengan RAM dan ROM besar, maka kedua smartphone akan tetap andal ketika digunakan untuk mengoperasikan banyak aplikasi atau juga saat dipakai bermain game.

Kamera

Kamera

Beralih ke fasilitas kameranya, ternyata tidak hanya di bagian internalnya saja, untuk fitur satu ini kedua perangkat juga masih sama, khususnya untuk yang ada di bagian belakang.

Lensa kamera utamanya memiliki resolusi 48MP dengan tipe CMOS. Sedangkan lensa kamera kedua memiliki resolusi 8MP dan lensa kamera ketiga dan keempat mempunyai resolusi 2MP.

Hanya saja, resolusi lensa kamera bagian depan dari kedua perangkat mobile ini berbeda. Untuk S1 Prime hanya dilengkapi dengan lensa kamera yang memiliki resolusi sebesar 16MP, sedangkan S1 Pro dengan lensa 32MP. Keduanya didukung teknologi AI dan banyak fitur untuk selfie.

Baterai

Baterai

Keduanya juga dilengkapi dengan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer dengan kapasitas 4500 mAh.

Dengan kapasitas besar tersebut, maka keduanya dapat digunakan untuk berbagai aktivitas seharian. Selain itu, keduanya juga telah support dengan teknologi 18W yang dapat memangkas durasi pengisian ulang baterainya.

Tempat pembelian
© facebook.com/Vivo-Showroom-Myanmar

Tempat pemasaran

Untuk tempat pemasarannya, Vivo S1 Pro sudah dipasarkan di beberapa negara, mulai dari India, Pakistan, Filipina, Malaysia, Bangladesh sampai dengan Indonesia.

Sedangkan untuk Vivo S1 Prime yang merupakan produk baru, untuk sementara baru dirilis di Myanmar dan belum ada keterangan resmi apakah nantinya produk mobile satu ini bakal dirilis secara global atau tidak.

Tinggalkan komentar