5 Cara Cek Kesehatan Baterai Samsung Secara Akurat

AndroidGaul.id – Jarang yang tau cara cek kesehatan baterai samsung baik itu baterai tanam ataupun yang biasa (bisa di lepas), karena umumnya kamu hanya tau menggunakannya bukan?

Kesehatan suatu baterai smartphone memang tidak bisa kita prediksi, ada yang awet sampai bertahun-tahun, ada juga yang hanya dipakai beberapa bulan saja sudah drop dan bahkan kembung.

Padahal hal tersebut bisa terjadi karena kelakuan pengguna sendiri, jika kamu pintar merawat smartphone otomatis baterai kamu juga akan awet dan tahan lama sampai beberapa tahun pemakaian.

Cara gampangnya untuk mengetahui kesehatan baterai removable adalah dengan melihat bentuk fisiknya, apakah kembung? Jika iya, bisa dipastikan bahwa baterai tersebut sudah tidak sempurna lagi.

Bagimana dengan baterai non-removable untuk cara mengeceknya? Ini yang agak susah, karena kita tau sendiri bahwa baterai tanam terpasang didalam smartphone yang dibungkus dengan casing dimana hal itu sangat susah sekali untuk dibongkar.

Namun tidak perlu khawatir, karena masih ada beberapa trik yang bisa kita lakukan untuk melakukan pengecekan.

Cara Cek Kesehatan Baterai Samsung

1. Pengujian dengan Aplikasi

cara cek kesehatan baterai tanam

Cara mengecek kesehatan baterai yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi. Disini kita bisa menggunakan aplikasi yang bernama AccuBatery.

AccuBatery adalah aplikasi yang bisa mengecek kesehatan baterai, aplikasi ini akan menampilkan kapasitas nyata dari baterai yang ada pada ponsel kita.

Berikut cara menggunakan accubatery:

  1. Pertama kalian download terlebih dahulu dan install aplikasi accubatery di Play Store
  2. Kemudian habiskan daya baterai hingga mendekati 0% (dibawah 10%)
  3. Jika sudah, sambungkan hp ke charger
  4. Pastikan aplikasi AccuBatery sudah kalian jalankan
  5. Tunggu hingga proses charging mencapai 100% full
  6. Jika sudah penuh, silakan lepas charger dan lihat pada aplikasi accubatery akan tersedia informasi tentang kesehatan baterai serta estimasi daya tahan yang dimiliki

Banyak situs luar yang sudah merekomendasikan aplikasi sebagai tes untuk kesehatan baterai, tidak terkecuali di hp samsung juga kalian bisa tes dengan langkah-langkah diatas.

2. Gunakan Kode Pengecek Baterai

kode cek baterai samsung

Kita sama-sama tau bahwa terdapat beberapa kode rahasia samsung yang belum kita ketahui, untuk pengecekan baterai juga ada kodenya, dan ini hanya bekerja pada samsung saja.

Caranya adalah, buka dial pad lalu tekan *#0228# dan tunggu beberapa saat hingga muncul informasi baterai pada ponsel kamu.

Dengan detail informasi yang kamu lihat, kamu disini sudah bisa menebak tentang kondisi baterai pada ponsel tersebut apakah sedang baik atau buruk.

3. Pakai Hp Dalam Keadaan Full Load

cara mengecek baterai hp samsung masih bagus atau tidak

Apa itu full load? Adalah keadaan dimana sebuah perangkat sangat sibuk untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, dalam hal ini peran CPU sangat keras serta memori (RAM) yang digunakan juga menjadi faktor berjalannya proses tersebut.

Kita bisa memanfaatkan keadaan ini untuk mengetes sejauh mana kondisi baterai pada hp samsung kita, apakah masih bagus ataukah sudah tidak baik lagi.

Karena saat melakukan proses full load perangkat akan membutuhkan daya yang sangat besar dan stabil demi menunjang proses berjalannya aplikasi ataupun game.

Tahap Percobaan:

Silakan mainkan game-game berat seperti AOV, PUBG Mobile, Call of Duty Mobile ataupun game lainnya yang memiliki grafis tinggi. Setelah itu coba jalankan aplikasi lain misalnya WhatsApp, Facebook, Instagram ataupun aplikasi berat lainnya.

Lalu lihat pada indikator baterai, apakah dia berkurang secara bertahap? Misalnya saat bermain game kapasitas baterai 80%, seiring game berjalan kapasitas baterai menurun menjadi 79, 78, 77 dst.

Jika masih dalam tahap wajar, maka bisa dikatakan kondisi baterai samsung kalian bagus.

Umumnya saya memainkan game aov selama 1 match kurang lebih 25 menit dan baterai berkurang antara 5% sampai 10% dengan kapasitas baterai 4000mAh.

4. Melihat Langsung Fisik Baterai

Langkah ini khusus bagi kalian yang penasaran seperti apa kondisi fisik pada baterai tanam samsung kalian. Namun cukup beresiko, karena disini kalian harus membongkar paksa casing bagian belakang untuk melihatnya.

Saya sendiri menyarankan untuk tidak melakukannya, karena jika hp hp kalian masih dalam masa garansi, maka garansi samsung tersebut akan hilang.

Apalagi jika garansi ponsel kalian bukan sein alias global, akan sulit untuk mengurusnya. Cek perbedaan garansi sein dan global pada artikel sebelumnya.

Belum lagi jika kalian tidak berpengalaman, bisa-bisa merusak komponen seperti kamera atau bahkan fingerprint yang biasanya terpasang pada bagian body belakang hp.

Jadi sebaiknya jangan mengambil resiko terlalu tinggi hanya untuk mengecek sebuah kesehatan baterai, silakan gunakan metode lain saja.

5. Durasi Penggunaan Baterai

cara cek kondisi baterai tanam samsung

Hal ini cukup mudah dilakukan, dan salah satu cara yang saya rekomendasikan untuk mengetes sebarapa baik kondisi baterai.

Ini teknik pengalaman penggunaan baterai, jika kalian membeli ponsel dalam keadaan baru dari toko, maka coba ingat berapa lama penggunaan baterai hp tersebut.

Saya sendiri pengguna baterai 4000mAh dan biasanya kondisi baterai bisa bertahan sampai 24 jam hingga di charger ulang.

Jadi kalian bisa terapkan metode ini untuk mengetahui kondisi baterai kalian seperti apa, apakah masih bisa dikatan bagus atau sudah drop.

Kalian juga bisa memanfaatkan mode aman untuk mengetahui seberapa bagus kondisi baterai. Karena pada mode tersebut tidak akan ada proses yang berjalan dilatar belakang termasuk aplikasi.

Penyebab Kerusakan Baterai

Berikut ini beberapa tindakan berbahaya yang bisa membuat baterai cepat rusak antara lain:

  • Sering digunakan bermain game atau sosmed sambil di charge
  • Umur baterai sudah terlalu tua atau lama
  • Menggunakan charge yang tidak pas, bukan original
  • Cas hp yang terlalu lama, umumnya terjadi pada ponsel tipe jadul
  • Baterai mengalami korosi, kasus jarang terjadi

Sedikit tips dari kami agar baterai kamu tetap awet hingga bertahun-tahun, silakan lakukan dengan baik.

Lakukan charge baterai jika indikator sudah ada pada 30% kebawah, dan silakan cabut apabila sudah mencapai 100%.

Diamkan beberapa saat sebelum menggunakan ponsel kembali, karena tidak baik menggunakan ponsel saat kondisi masih panas. Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tinggalkan komentar