5 Ciri-Ciri Charger Samsung Original vs Palsu yang Harus Diketahui

AndroidGaul.id – Bingung cara membedakan mana charger Samsung asli dan yang palsu? Berikut ciri ciri charger samsung original yang harus kamu ketahui agar tidak tertipu dengan barang kw saat hendak membelinya di konter.

Samsung merupakan salah satu brand smartphone yang sudah terkenal di tanah air, bahkan beberapa tahun belakang ponsel pintar tersebut dijuluki sebagai raja smartphone di Indonesia.

Dengan jumlah pengguna yang begitu besar, hal ini dimanfaatkan oleh sejumlah perusahaan untuk memproduksi charger dimana barang tersebut sangat sering dibutuhkan di pasar.

Akibatnya banyak barang palsu atau kw yang beredar di pasaran. Jika dibandingkan dengan yang asli sangat jauh berbeda kualitasnya. Barang tiruan memiliki performa yang jelek saat melakukan pengisian baterai, mungkin hal inilah yang menjadi penyebab mengapa kamu sering mengeluhkan kenapa baterai cepat habis saat digunakan.

Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui mana charger original Samsung dan mana yang barang palsu.

Ciri-Ciri Charger Samsung Original dan yang Palsu

1. Bagian Kepala Charger Berbeda

Bagian Kepala Charger Berbeda

Jika kamu sedikit jeli, maka hal pertama yang dapat kamu bedakan dengan mudah antara charger samsung asli dan palsu adalah pada bagian kepala charger. Lekukan pada charger yang asli terlihat lebih halus jika dibandingkan dengan yang palsu. Dan pada bagian port USB juga sangat terlihat perbedaannya, kalian bisa lihat pada gambar diatas.

2. Bagian Kaki Colokan Charger

Bagian Kaki Colokan Charger

Yang kedua adalah pada bagian colokan kaki charger, disini bisa kita lihat secara detail pada bagian kaki colokan charger yang asli memiliki garis lekukan ang menonjol. Sedangkan pada charger palsu tidak memilikinya sama sekali, tentu jika kalian memiliki keduanya maka coba lihatlah bagian ini dan kalian bisa melihat perbedaannya secara jelas.

3. Kepala USB to Smartphone

Kepala USB to Smartphone

Menurut saya sih ini bagian yang paling menonjol, terlihat sangat jelas bahwa pada charger asli memiliki kepala USB to Smartphone yang lebih pendek jika dibandingkan dengan charger palsu. Warna logo pada bagian yang kita tandai juga terlihat jelas, warna logo charger asli tidak setajam warna logo charger palsu.

4. Logo Colokan USB

Logo Colokan USB

Ternyata cara membedakan charger asli samsung dan yang palsu juga bisa dengan memperhatikan kepala USB nya loh? Terutama pada bagian logonya, logo USB original akan terlihat lebih pudar jika kita bandingkan dengan yang palsu. Juga terdapat garis – garis pada colokan USB charger palsu yang entah apa artinya.

5. Logo Brand pada Bagian Atas Kepala Charger

Logo Brand pada Bagian Atas Kepala Charger

Ini bagian terakhir yang juga bisa kalian jadikan sebagai acuan saat membedakan charger asli samsung dan palsu. Pada bagian kepala charger yaitu tepatnya pada logo brand atau merek Samsung, yang original terlihat warnanya lebih pudar dibandingkan barang kw. Selain itu huruf A logo asli memiliki ciri khas yang berbeda dari yang palsu.

Jika Anda sudah terlanjur menggunakan barang kw, sebaiknya anda cek kesehatan baterai Samsung Anda apakah mulai menurun? Pastinya iya, karena kualitas barang palsu jauh dibawah barang asli.

Untuk charger original kalian bisa melakukan pembelian di official store Samsung baik secara online maupun offline dengan cara datang langsung ke tokonya. Atau juga bisa mencari di marketplace baik itu barang baru ataupun bekas yang penting masih bagus untuk digunakan.

Itu dia beberapa ciri ciri charger samsung original dan palsu yang bisa kamu jadikan referensi saat akan membeli charger. Harga biasanya juga akan lebih mahal yang asli, jadi jangan sampai terkecoh ya!