Kode + 5 Cara Cek Samsung Asli atau Palsu Semua Tipe

AndroidGaul.id – Ponsel atau HP merupakan salah satu perangkat yang kini sudah sangat digemari dan dibutuhkan oleh hampir seluruh masyarakat. Ponsel bisa membantu berbagai macam kegiatan manusia. Salah satu merk yang banyak digunakan ialah Samsung.

Akan tetapi, beberapa diantaranya perangkat tersebut sudah tidak asli akibat ulah oknum yang merakitnya sendiri secara ilegal. Untuk itu, Anda perlu mengetahui apakah ponsel Samsung tersebut asli atau tidak.

Sebab, jika perangkat tidak asli maka jika terjadi sesuatu maka akan lebih sulit diperbaiki di store Samsung itu sendiri.

Selain itu, Anda juga akan dirugikan karena fasilitas yang didapatkan tidak akan seperti seharusnya. Hal yang paling umum dilakukan untuk memeriksa keaslian ponsel Samsung ialah dengan kode cek Samsung asli atau dengan cara lain.

5 Cara Cek Hp Samsung Asli atau Palsu

Berikut beberapa cara mengecek keaslian hp Samsung baik yang baru maupun bekas.

1. Gunakan Kode Khusus

Untuk mengecek keaslian ponsel Samsung, Anda bisa menggunakan kode USSD khusus yaitu *#0*#. Ketik kode tersebut pada papan telepon kemudian klik OKE atau Call.

Bila sudah berhasil terhubung, maka Anda akan dihubungkan langsung pada menu LCD TEST. Jika tidak terhubung dengan tes tersebut, maka dipastikan ponsel tersebut bukan Samsung asli.

2. Kode Samsung Asli

Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan kode *#1234#. Jika ponsel Samsung tersebut asli maka ponsel tersebut akan langsung menampilkan spesifikasinya.

Namun, jika sudah menggunakan kode cek Samsung asli namun spesifikasi tersebut tidak muncul itu berarti ponsel tersebut bukan perangkat yang asli.

3. Gunakan Kode IMEI

Nomor IMEI ialah nomor identitas yang dimiliki oleh setiap ponsel termasuk Samsung. Kode ini dapat dijadikan acuan mengenai keaslian dari Samsung yang Anda beli.

Kode tersebut bisa Anda lihat pada bagian belakang ponsel atau pada dus dari ponsel tersebut. Dari sanalah Anda bisa mengetahui keaslian dari ponsel tersebut.

Anda juga bisa mengeceknya dengan mengetik *#06# pada menu telepon untuk mengetahui nomor atau kode IMEI ponsel Anda. Jika kode IMEI tidak ada, maka ponsel tersebut dipastikan merupakan ponsel palsu atau ilegal. Jika Anda tidak ingin hal itu terjadi, maka pastikan Anda sudah mencoba cara ini.

4. Periksa Fisik Ponsel

Selain dengan cara mengetik kode cek Samsung asli, Anda juga bisa memeriksa fisik dari ponsel tersebut. Ponsel yang asli memiliki tampilan yang terlalu mengkilat dan kurang elegan, bisa jadi ponsel tersebut bukanlah ponsel asli. Sebab, ponsel Samsung yang asli memiliki tampilan yang elegan dan tidak terlalu mengkilat.

Selain itu, Anda juga bisa memeriksa kondisi logo dari Samsung yang tertera pada bagian belakang ponsel. Jika permukaannya kasar dan mudah tergores, maka ponsel tersebut bisa saja termasuk ponsel yang palsu. Jadi tetap berhati-hati saat membeli ponsel Samsung. Apalagi jika Anda membelinya bukan dari outlet resmi.

5. Periksa Kualitas Kamera

Setelah menggunakan kode cek Samsung asli dan memeriksa fisiknya, Anda bisa memeriksa pula bagaimana kondisi kamera dan hasil jepretannya.

Samsung yang asli memiliki hasil jepretan yang jelas dan cerah. Jika hasil jepretannya kurang jelas dan cenderung gelap maka bisa jadi ponsel Samsung tersebut bukan ponsel asli.

Baca juga:

Demikianlah cara yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa keaslian dari ponsel Samsung. Hal tersebut bisa Anda coba saat berada di store Samsung atau toko ponsel lainnya untuk membeli ponsel tersebut.

Cara yang paling mudah dan jelas ialah dengan mengetik kode cek Samsung asli pada ponsel tersebut. Hasilnya pasti lebih akurat dan jelas. Selamat mencoba.