Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id

5 Cara Ampuh Mengatasi Baterai Kembung, Wajib Coba!

1 min read

Mengatasi Baterai Kembung

Saat baterai kembung, pasti kalian berpikir harus menggantinya dengan yang baru. Namun ternyata tidak harus selalu begitu, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya tanpa perlu mengganti.

Baterai yang kembung memang tidak enak untuk digunakan. Selain boros, baterai kembung juga sering mengganggu bagian body belakang hp lantaran tidak muat saat dimasukkan ke casing.

Belum lagi baterai yang sudah parah sering buat hp jadi mati atau restart sendiri dan sering error.

Namun disini kami akan memberikan tutorial dan langkah-langkah bagaiman mengatasi baterai kembung untuk segala jenis baterai, baik itu baterai removable dan baterai tanam (non-removable).

Cara Mengatasi Baterai Kembung dengan Benar

#1. Lepaskan Baterai

Lepaskan Baterai

Langkah pertama yang harus dilakukan sudah pasti melepaskan baterai dari handphone anda.

Bagi pengguna hp dengan baterai removable, tinggal membuka penutup casing bagian belakang lalu lepaskan baterai.

Dan bagi pengguna hp bateri tanam, silakan gunakan obeng yang pas karena anda memerlukan bantuan alat tersebut untuk membuka bagian belakang hp anda.

Pastikan membuka baut dengan hati-hati, apalagi bagi anda yang memiliki smartphone dengan fitur fingerprint / sidik jari. Terdapat kabel yang menghubungkan antara mesin dan bagian belakang body casing.

#2. Masukkan Baterai dalam Kulkas (Freezer)

Masukkan Baterai dalam Kulkas

Setelah baterai terlepas, langkah selanjutnya adalah menaruh baterai kedalam kulkas atau freezer.

Didalam kulkas ini, diamkan selama kurang lebih 24 jam atau sehari semalam dan jangan diambil.

Cara ini banyak dilakukan orang untuk mengempeskan baterai yang kembung.

Untuk lebih aman agar baterai tidak terkena cairan agar tidak terjadi percikan listrik, silakan bungkus baterai dengan plastik atau juga bisa dengan solasi kertas.

#3. Ambil Lalu Keringkan Baterai

Keringkan Baterai

Setelah didiamkan dalam kulkas kurang lebih 24 jam lamanya, sekarang anda bisa ambil baterai tersebut.

Lalu keringkan baterai tersebut jika memang sampai terkena air. Jangan sampai baterai terkena air, karena hal tersebut bisa berbahaya terhadap kesehatan baterai.

Tidak usah sampai dikipas, anda hanya cukup taruh ditempat yang memiliki ventilasi udara yang cukup.

Catatan : Hindari mengeringkan baterai dengan cara dijemur dibawah matahari langsung, cara ini kurang baik terhadap kesehatan baterai.

#4. Pasang Kembali Baterai ke Hp

Pasang Kembali Baterai ke Hp

Setelah cukup yakin sudah kering, silakan kalian pasang lagi ke handphone, dalam langkah ini pastinya anda sudah menyadari bahwa ada walaupun sedikit perubahan bentuk pada baterai.

Hal ini bisa ditandai dengan cara memasukkan baterai ke hp sudah tidak sesak lagi, dan memasang casing bagian belakang hp pun sudah dengan mudah dapat dilakukan.

Namun tidak sampai disini, kalau mau lebih awet silakan jangan hidupkan dulu hp anda. Ikuti intruksi terakhir dibawah ini.

#5. Cas Baterai Hingga Penuh

Cas Baterai Hingga Penuh

Setelah melakukan beberapa langkah diatas untuk mengatasi baterai kembung, langkah terakhir adalah mengisi daya baterai tersebut hingga penuh 100%.

Pastikan melakukan pengecasan hp dengan cara yang benar, sebab ternyata masih banyak pengguna yang belum paham betul bagaimana cara mengecas hp yang benar.

Tahapan cas hp ini sangat penting, karena langkah yang benar dapat membuat baterai awet hingga bertahun-tahun lamanya dan tidak cepat drop.

Jika baterai sudah cukup parah sehingga menyebabkan hp sering mati sendiri, anda bisa lakukan kalibrasi baterai terlebih dahulu untuk memperbaikinya.

Kesimpulan

Baterai yang kembung disebabkan karena pengguna yang kurang paham merawat kesehatan baterai. Yang paling sering adalah cara mengecas baterai yang salah.

Misalnya terlalu lama, atau tidak sampai full lalu cas dicabut. Itulah yang menyebabkan baterai cepat kembung dan tidak awet.

Jadi dari sekarang ayo rubah kebiasaan buruk tersebut, dan mari lakukan cara yang benar dalam merawat baterai smartphone.

Akhir kata dari kami, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *