Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id

10 Cara Hemat Baterai Xiaomi Redmi Note 8 / Pro

2 min read

redmi note 8

AndroidGaul.id – Salah satu smartphone keluaran terbaru dari Xiaomi adalah Redmi Note 8 dan Note 8 Pro. Keduanya dirilis dalam waktu cukup bersamaan pada beberapa waktu yang lalu.

Meskipun sama-sama seri Note 8, namun ada perbedaan diantara keduanya terutama pada dapur pacu yang digunakan yang dalam hal ini kita biasa menyebutnya dengan prosesor.

redmi note 8

Note 8 sendiri ditenagai dengan Qualcomm Snapdragon 665 dengan fabrikasi 11 nm, sedangkan Note 8 Pro dipacu dengan Mediatek Helio G90T dengan fabrikasi 12 nm.

Tentu karena memiliki dua prosesor yang berbeda, maka beda pula konsumsi daya pada kedua smartphone tersebut.

Dan kali ini kami AndroidGaul.id akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai di Redmi Note 8 dan Pro.

Cara Menghemat Baterai Redmi Note 8 / Pro

1. Gunakan Mode Hemat Baterai

Tentu smartphone zaman sekarang sudah dibekali dengan fitur battery saving dimana biasanya fitur tersebut akan aktif secara otomatis saat persentase baterai dibawah 20%.

Namun ternyata kita juga bisa mengaktifkannya secara manual dengan masuk ke Pengaturan > Baterai dan Performa > Penghemat baterai.

Fitur ini sangat berguna pada saat kita ingin bepergian jauh selama berhari-hari tanpa membawa powerbank, maka aktifkan fitur tersebut agar ponsel kamu tetap aktif.

2. Matikan GPS, Wifi dan Data Seluler

Jika kamu merupakan pengguna aktif sosial media, maka hentikan dulu semuanya seperti mengaktifkan wifi, gps dan data seluler untuk menjaga daya konsumsi baterai lebih hemat.

Tapi bukan berarti kalian tidak boleh sama sekali membuka sosmed dan mengaktifkan internet, jika hanya untuk melihat notifikasi sih tidak masalah, siapa tau ada hal penting?

3. Kurangi Durasi Layar Mati

Saat selesai menggunakan smartphone pastinya layar akan otomatis mati / gelap sendiri bukan? Nah durasi matinya layar tersebut ternyata bisa kita atur sendiri loh.

Mengingat kecerahan layar merupakan salah satu yang paling banyak mengkonsumsi baterai, maka buatlah durasi sependek mungkin agar saat selesai digunakan layar jadi otomatis mati lebih cepat.

Baca juga : 7 Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Terhubung

Biasanya kalau saya sendiri sih menggunakan durasi antara 30 detik sampai 1 menit, jangan terlalu kecepatan juga karena pasti kurang enak.

4. Atur Kecerahan Layar

Kecerahan layar atau yang biasa kita sebut dengan kontras layar merupakan salah satu penyebab kenapa baterai boros, hal ini sudah saya sebutkan diatas.

Mengatur kecerahan layar seminim mungkin tentu akan lebih menghemat penggunaan daya pada baterai ponsel. Jadi jika anda ingin menghematnya silakan atur seminim mungkin.

Alternatif lain dan yang paling efisien adalah dengan mengatur kontras layar jadi otomatis, jadi meskipun dalam keadaan gelap ataupun terang kontras layar akan otomatis menyesuaikannya.

5. Matikan Update Otomatis

Mendapatkan update sistem memang sangatlah penting untuk menjaga performa dan keamanan dari sebuah ponsel. Apalagi update terbaru menawarkan fitur yang lebih keren dan juga kompleks.

Namun biasanya mengaktifkan update otomatis pada sistem akan memakan waktu yang lama, apalagi besar file yang di unduh biasanya sampai 1 GB.

Saat ini Redmi Note 8 menggunakan OS MIUI 11 dengan tampilan terbaru, untuk menonaktifkan update otomatis caranya sangat mudah, kalian hanya perlu masuk ke Setelan > Tentang telepon > Pembaruan sistem > Tap menu titik tiga, pilih Setelan pembaruan.

Pada Otomatis unduh silakan dibuat nonaktif.

6. Matikan Backup Google Photos

Jika kamu menggunakan Google Photos di ponsel kamu, maka aplikasi ini secara otomatis akan meminta ijin untuk melakukan pencadangan ke penyimpanan awan yaitu Google Drive.

Beberapa waktu lalu saya sudah pernah membahas hal ini, untuk panduan lengkapnya anda bisa baca di : Cara Menonaktifkan Google Foto Agar Tidak Menguras Kuota.

7. Jangan Gunakan Wallpaper Bergerak

Sebagai pengguna Android dari tahun 2015 saya sudah sangat mengerti bahwa tampilan ponsel memang sering membosankan, maka dari itu banyak pengguna yang mengakalinya dengan menggunakan wallpaper bergerak.

Efek yang dihasilkan oleh wallpaper ini tentu memakan daya lebih banyak daripada aplikasi lain yang sedang berjalan dilatar belakang smartphone anda.

Jadi silakan gunakan tampilan atau tema standar Xiaomi untuk lebih mengoptimalkan penggunaan baterai.

8. Matikan Notifikasi Aplikasi Tidak Penting

Hindari penggunaan notifikasi aplikasi yang tidak penting karena dapat membuat daya ponsel anda berkurang, bayangkan beberapa aplikasi memberikan notifikasi tidak penting.

Di Xiaomi sendiri menyediakan pengaturan untuk mengijinkan aplikasi apa saja yang bisa memberikan notifikasi dan mana yang tidak diperlukan.

9. Matikan Getar

Kalian tau getar yang dihasilkan pada ponsel itu darimana? Itu merupakan kekuatan dinamo (motor) berukuran kecil yang jika dialiri listrik dia akan berputar sehingga akan menghasilkan getar.

Alat itulah yang ditanamkan pada smartphone untuk menghasilkan getar, jadi dengan mematikan getar tersebut kita juga bisa menghemat penggunaan baterai pada ponsel.

Baca juga : Cara Mengganti Font Xiaomi Tanpa Root & Tanpa Aplikasi Tambahan

10. Aktifkan Mode Pesawat Saat Sinyal Tidak Stabil

Pasti kita pernah berada pada suatu tempat dimana kadang sinyal naik turun atau tidak stabil. Hal itu dapat menyebabkan penggunaan baterai menjadi lebih boros dan hp jadi panas.

Jadi saya sarankan gunakan saja mode pesawat jika memang sinyal tidak normal, hal ini akan membuat aktivitas sinyal di hp kita menjadi mati dan tidak akan ada komunikasi yang masuk.

Itu dia beberapa tips yang bisa saya berikan mengenai cara menghemat baterai Redmi Note 8 / Pro. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share ke temen-temen yang lain ya.

Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *